Tak ada jarak yang mampu memisahkan kuatnya cinta

PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL

HANDPHONE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI

di SMA NEGERI 1 BANGSRI TAHUN 2011-2012

 

 

 

 

Oleh :

DYAH AYU KUSUMAWATI

SMA NEGERI 1 BANGSRI

TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

BAB 1. LATAR BELAKANG

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan handphone. Anak-anak ini sebagai siswa di sekolah, memiliki kewajiban untuk belajar. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa?

Handphone adalah tekhnologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone sudah beragam macamnya, walau fungsi utamanya adalah untuk menelepon atau berbicara jarak jauh, fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet.

Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, secara khusus juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran, baik dalam proses perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Produk teknologi yang saat ini lagi marak adalah handphone mampu memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasi pada saat bersamaan dan kapan saja. HP banyak membantu komunikasi antar individu dan bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.

Penggunaan HP dalam dunia pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena dalam pikiran kita sepertinya HP hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS), mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual, dan game. Tak ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan siswa di lingkungan sekolah. Sebenarnya, HP juga dapat bermanfaat bagi kalangan pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. HP yang dapat terhubung dengan layanan internet akan membantu siswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah. Namun, pada kenyataannya sangat sedikit pelajar yang memanfaatkan pada sisi ini, HP yang mereka miliki umumnya digunakan untuk sms-an, main game, dengar musik, nonton tayangan audiovisual, serta facebook-an. Memfungsikan HP bukan untuk fungsinya, dll. Selanjutnya, ini akan berdampak  terhadap prestasi belajarnya di sekolah.

 

BAB 2.  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan apa yang telah dikemukakan di atas, penulis akan membahas 2 masalah yang timbul yaitu :

  1. Apakah dengan pemakaian HP dapat menurunkan prestasi siswa ?
  2. Apa sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan?

 

BAB 3. TUJUAN

  1. Untuk mengetahui apakah dengan pemakaian HP dapat menurunkan prestasi siswa ?
  2. Untuk mengetahui apa sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan?

Penelitian ini dibuat berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan beberapa bulan yang lalu, yang paling utama menuntaskan tugas yang telah diberikan kepada peneliti dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk menambah nilai-nilai peneliti dan untuk menambah wawasan peneliti.

 

BAB 4. Manfaat Penelitian

Secara Umum:

  • Bagi masyarakat          : Agar generasi muda dapat bermanfaat dalam masyarakat.
  • Bagi pemerintah          : Agar dapat mencetak generasi meda yang panda, terampil sehigga dapat bekerja dan mengurangi pengangguran.

Secara Khusus:

  • Bagi siswa                   : Agar siswa sadar mengenai pentingnya belajar dan dapat memperoleh prestasi maksimal.
  • Bagi orang tua             : Diharapkan orang tua ikut mengerti tentang penggunaan HP anaknya.

 

BAB 5. LANDASAN TEORI

  • Sebagai alat komunikasi jarak jauh, handphone menjadi andalan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini bisa mempermudah siswa untuk mengkoordinasi teman-temannya bila ingin belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama.
  • Handphone diciptakan untuk memudahkan kehidupan, dan sudah terbukti bahwa hidup siswa pun memang cukup terbantu oleh keberadaan handphone.
  • Handphone bisa menyimpan suatu data dan mudah dibawa kemana-mana, ini tentu sangat berguna. Manfaat handphone bagi siswa berdasarkan hal ini misalnya MP3) atau game. Fitur ini bisa menghibur para siswa yang mungkin penat saat belajar. Dengan demikian otak siswa akan kembali segar dan mampu menampung materi pelajaran dengan baik.
  • Saat ini telah banyak diproduksi handphone berfitur internet. Hal ini cukup memudahkan para siswa untuk mencari fitur game dalam HP pun cukup mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Sama seperti internet, game tidak akan merugikan bila digunakan sesuai aturan dan memiliki batasan. Tapi, umumnya siswa malah keasyikan bermain game dan lupa untuk belajar.
  • Hal negatif lain adalah penggunaan handphone di saat ujian. Hal seperti ini sudah sering sekali ditemukan di sekolah-sekolah Indonesia. Keberadaan handphone yang digunakan untuk mencontek, mungkin memang akan meningkatkan nilai ujian, tapi akan sangat memperburuk mental siswa.
  • Mengalihkan Perhatian. Dalam kenyataannya, HP berhasil mengalihkan perhatian siswa dari proses pembelajarannya. Mereka lebih memperhatikan HP daripada semua penjelasan yang diberikan guru.
  • Menurunkan Konsentrasi. Konsentrasi adalah tingkat perhatian kita terhadap sesuatu. Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali HP menyita sebagian besar waktu mereka.
  • Mereka tidak lagi memperhatikan tugas kewajibannya sebab disibukkan oleh HP. Akibatnya, anak tidak menguasai materi belajarnya. Tidak ada satupun materi yang tersimpan dalam memori otak sebab memang tidak ada yang dimasukkan ke sana.
  • Tetapi meskipun demikian, peranan guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan HP tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.
  • Malas Belajar. Anak-anak yang sudah kecanduan HP, maka setiap saat yang dilakukannya hanyalah bermain HP dan HP. Mereka tidak pernah berpikir pada hal yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah HP. Jika ke mana-mana tidak ada HP, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa anak yang  tidak mau melakukan kegiatan karena tidak punya HP.
  • Meningkatnya video porno dan kata-kata yang tidak senonoh. Akibat yang sangat berbahaya oleh siswa adalah penggunaan HP dengan tujuan yang menyimpang seperti mengisi video porno ke dalam HP dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di HP mereka. Di samping itu juga HP digunakan untuk tukar-tukaran jawaban ujian.
  • Berbagai dampak yang dapat ditimbulkan oleh telepon genggam atau handphone tersebut. Baik itu dampak positif ataupun dampak negatifnya. Siswa dan siswi dapat membatasi penggunaan HP itu dari kesadaran diri sendiri, pengaruh teman , didikan orangtua dan juga guru-guru di sekolah. Asalkan siswa dan siswi dapat membagi waktu untuk urusan belajar dan bermain dengan HP, itu tak masalah. Jam belajar lancar dan diselingi dengan bermain HP, namun jangan juga sampai siswa ketagihan memakai HP, itu perlu dibataskan dengan pengawasan orang tua jika di rumah , dan para guru jika disekolah Pemakaian HP dalam penurunan prestasi, itu tidak 100% benar. Tergantung dari diri kita sendiri. Semua pelajar SD, SMP, SMA pasti pernah memakai HP, namun pakai tapi tidak terlalu mengetahui fungsi yang sebenarnya percuma juga. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelajar memakai HP boleh – boleh saja, namun tidak boleh sampai ketagihan dan lupa waktu akan belajar. Jika sudah sampai titik ketagihan, itulah yang membuat kita lambat laun malas belajar, menengok sebentar ke telepon genggam kita dan mengutak-atiknya akhirnya kita menjadi malas belajar, dan menimbulkan penurunan prestasi di kelas.

 

 

 BAB 6. METODOLOGI

            Adapun metode penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Observasi yaitu suatu metode yang dilakukan oleh penulis dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan yang dilakukan secara terarah dan sistematis didalam melakukan pengumpulan data.
  2. Studi Pustaka yaitu suatu metode didalam pengumpulan data dengan cara melakukan pengkajian terhadap sumber-sumber yang autentik seperti dengan membaca buku-buku, serta literature dari internet yang berhubungan dengan permasalahan.

 

BAB 7. Waktu penelitian

            Waktu penelitian dilakukan sebagai berikut:

  1. Hari Senin-Rabu tanggal 6 – 8
    • Membuat judul, latar belakang dan rumusan masalah
  1. Hari Kamis-Sabti tanggal 9 – 11
  • Membuat tujuan serta manfaat penelitian.
  1. Hari Senin-Sabtu tanggal 13 – 18
  • Mencari referensi tentang masaah yang diteliti
  • Membuat bagian teori dan metodelogi
  • Menbuat daftar pustaka
  1. Hari senin tanggal 20
  • Presentasi atau laporan penelitian

 

BAB 8. Personalia Penelitian

Nama Lengkap     : Dyah Ayu Kusumawati

No                                    : 16

Kelas                    : XII IPS 3

 

BAB 9. Anggaran Biaya

 Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :

A. Pemasukan

 Iuran Anggota                                                            Rp. 50.000.00

B. Pengeluaran

Penyusunan Proposal                                      Rp. 15.000.00

Pembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner       Rp. 15.000.00

Wawancara                                                     Rp. 20.000.00 +

Total pengeluaran                                                        Rp.50.000.00 –

            Sisa                                                                                          Rp.      0.00

 

BAB 10. Daftar Pustaka

  • Anonim. (2008). Pengaruh HP terhadap Siswa. Sumber Internet.
  • Rahmi Ariyanti Agustin SMP. (2008) Pengaruh HP.Sumber Internet.
  • Wikipedia Encyclopedia. (2006). Telepon genggam.Sumber Internet
  • Zainudin Ikhwan. (2007) . Sejarah HP dan dampaknya bagi pelajar. Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: