Tak ada jarak yang mampu memisahkan kuatnya cinta

PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL

Dampak Penggunaan HandPhone bagi Pelajar SMA

di Kec.Bangsri

 

Oleh :

RIAN BARUNA PERMANA PUTRA

SMA NEGERI 1 BANGSRI

TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

BAB I. PENDAHULUAN

1.1            LATAR BELAKANG

Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah HandPhone (HP) yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi.

HandPhone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, akan tetapi pada saat ini anak muda sering menyalah gunakannya, yaitu untuk melihat hal-hal seperti itu.

Meskipun pada saat ini belum ada pembuktian secara akademis, bahwa maraknya peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalah gunaan teknologi seperti adanya situs porno di HandPhone milik mereka.

Pada masa sekarang, banyak sekali situs porno yang beredar dalam lingkungan pelajar. Mereka bisa dengan mudah mendapatkannya. Tentunya hal itu sangat merusak moral mereka sebagai generasi penerus bangsa ini.

Rancangan Undang Undang (RUU) agar pelajar tidak diperbolehkan membawa HandPhone saat kegiatan pembelajaran diperbincangkan dimana-mana. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi-jadi. Tak sedikit dari mereka yang ketahuan menyimpan video dan foto-foto yang tidak senonoh di HandPhone mereka.

Belum lagi, HandPhone juga sering digunakan untuk tukar menukar jawaban ujian. Mereka sering membawa HandPhone saat ujian, dengan mudahnya mereka bias tukar menukar jawaban ujian melalui pesan singkat.

Sebagaimana perkembangan zaman modern, saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HandPhone saat ini bagi pelajar di Indonesia.

 

BAB II. RUMUSAN MASALAH

  1. Mengapa HP dapat mengurangi prestasi belajar siswa?
  2. Bagaimana cara menanggulangi dampak HP yang negative?
  3. Apa dampak penggunaan HP bagi siswa?
  4. Apa manfaat penggunaan HP bagi masyarakat?

 

BAB III. TUJUAN PENELITIAN

  1. Untuk mengetahui pengaruh HP terhadap prestasi siswa.
  2. Untuk mengetahui cara menanggulangi dampak HP yang negative.
  3. Untuk mengetahui dampak HP bagi siswa.
  4. Untuk mengetahui dampak HP bagi masyarakat.

 

BAB IV. MANFAAT PENELITIAN

  • Secara Umum bagi Orang tua dan Masyarakat:
  1. Agar dapat mengontrol anaknya dalam meggunakan HP
  2. Untuk mempermudah komunikasi
  • Secara Khusus bagi pelajar:
  1. Untuk mempermudah komunikasi
  2. Untuk menyimpan suatu data
  3. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi
  4. Memperluas jaringan persahabatan
  5. Untuk menghibur siswa jika sedang penat dalam belajar

 

BAB V. KAJIAN TEORI

  • Perkembangan HP

Pada saat ini perkembangan HP sudah jauh berkembang, bahkan pada saat ini HP sudah banyak digunakan oleh masyarakat dari tingkat atas sampai bawah. Tidak hanya orang dewasa, bahkan pada saat ini anak-anak sudah banyak yang menggunakannya.

  • Dampak negative HP
  1. Mengganggu perkembangan anak: Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di HP seperti: kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima pesan atau SMS, panggilan telepon dari teman atau keluarga mereka. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan. Bermain game saat guru sedang menjelaskan saat pelajaran. Kalau hal tersebut mereka biarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
  2. Efek Radiasi: Selain berbagai kontrovensi di seputar dampak negative penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak diperluhkan, sebaiknya anak-anak jangan diberikan kesempatan menggunakan HP secara permanen.
  3. Rawan terhadap tindak kejahatan: Pelajar merupakan salah satu target utama daripada penjahat.
  4. Sangat berpotensi mempegaruhi sikap dan perilaku siswa: Jika tidak ada control dari orangtua, HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
  5. Pemborosan: Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan saja.

( http://dampakhp.blogspot.com/ )

  • Penilaian

Maria Ulfa menilai negative pelajar yang melakukan penyimpangan tersebut. Ia mengakui, penyimpangan tersebut memang sering terjadi, namun tergantung individu masing-masing menyikapinya. Fauqal setuju, menurutnya penyimpangan ini tergantung orangnya, mau digunakan untuk hal yang positif dan negative.

“Tidak semua pelajar yang menyimpan foto atau video porno di HPnya. “Rahmadanil Akbar, Dirga Priyono Putra, dan Arif firmansyah memandang penyimpangan ini merupakan salah satu dari bentuk kenakalan remaja. Melisa lain lagi, pendapatnya penyimpangan ini terjadi karena ketidak mampuan remaja dalam menghadapi perkembnagan teknologi sebagai hal yan positif.

( Monica Florida Johan/SMA N 14 Padang, Oktorilla Fiskasianita/SMA N 2 Padang )

 

BAB VI. METODOLOGI

  1. Pendekatan Penelitian

Penilitian yang digunakan ini dilakukan dengan cara “Penelitian Lapangan”. Yakni penelitian secara langsung dilapangan untuk mengetahui secara khusus dan realistis apa yang terjadi pada suatu masyarakat.

  1. Sampel Penelitian

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pelajar.

  1. Sumber Data

Sumber didapatkan dari internet dan penelitian langsung ke lapangan.

 

BAB VII. DAFTAR PUSTAKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: