Tak ada jarak yang mampu memisahkan kuatnya cinta

Surat Suara Pilkatos SMA Negeri I Bangsri

Desain Surat Suara ini adalah salah satu produk dari Meydhiant Art.,

Berikut ini adalah ulasan tentang Surat Suara Pilkatos ini., yang dicopy dari situs KPU Jepara:

KPU mengapresiasi pelaksanaan debat kandidat Pilkatos (Pemilihan Ketua Osis) hari ini Senin 11 September 2012 di SMAN I Bangsri sebelum pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada Jumat yang akan datang. Dalam debat kandidat yang dihadiri perwakilan kelas X-XII di aula SMAN I Bangsri menampilkan 5 (lima) calon ketua OSIS satu tahun ke depan. Masing-masing calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misinya juga menjawab pertanyaan dua panelis tentang konsep pengelolaan OSIS yang selaras dengan visi dan misi SMA N I Bangsri.

Pembina OSIS, Ibu Ida menyatakan Pemilihan Ketua OSIS ini adalah pemilihan langsung pertama yang dilaksanakan oleh SMAN I Bangsri dengan maksud mendekatkan pendidikan politik bagi pemilih pemula sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh KPU.

Sementara KPU yang diwakili oleh Dewi dalam pengarahannya mengatakan, kegiatan Pilkatos ini merupakan kegiatan “gayung bersambut” dengan program kerja KPU untuk pendidikan politik pemilih pemula serta kelanjutan dari ToT kepada guru PPKn se Kabupaten Jepara beberapa minggu yang lalu. Upaya mengadopsi tahapan Pilkatos yang disesuaikan dengan tahapan Pemilu diharapkan menjadi proses pembelajaran dan akan terserap dalam diri siswa sehingga peserta didik mengetahui dan tahu bersikap saat sebagai pemilih menghadapi tahapan Pemilu di tingkat kabupaten.

Selanjutnya Dewi mengatakan, pengalaman sejarah membuktikan bahwa perubahan besar di Negeri ini dilakukan oleh generasi muda. Karena itu pendidikan politik bagi siswa SMA diharapkan meningkatkan kesadaran kritis untuk merubah keadaan menjadi lebih baik dan pemilih pemula yang sudah berhak pilih, berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pemilu Gubernur pada tanggal 26 Mei 2013 dan Pemilu DPR, DPD dan DPRD tanggal 9 April 2014, yang saat ini tahapannya sedang berjalan.

Terakhir, Dewi mengajak siswa SMAN I Bangsri yang punya hak pilih di pemungutan suara Pemilu yang akan datang bersama-sama menggelorakan semangat “Memilih Itu Asyik” dan “Siap Menjadi Pemilih Cerdas”. (WB/DF)

Minimnya pendidikan demokrasi di tengarai sebagai salah satu sebab dari belum berhasilnya proses demokrasi selama era reformasi, khususnya yang berkaitan dengan hasil-hasil Pemilu. Oleh karena itu, dalam rangka memperbaiki proses dan hasil pemilu, SMAN 1 Bangsri mengajak siswa siswinya terlibat dalam pemilihan ketua OSIS secara langsung di SMAN 1 Bangsri Jumat (14/9) kemarin.

SMAN 1 Bangsri merupakan contoh bagi sekolah sekolah lain untuk memberikan pendidikan demokrasi yang riil bagi siswa siswinya agar terlibat langsung dalam menentukan seorang pemimpinnya.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara, M. Haidar Fitri yang hadir dalam pemilihan ketua OSIS dimana oleh SMAN 1 Bangsri di istilahkan dengan Pilkatos mengaku salut kepada SMAN 1 Bangsri yang telah melaksanakan pendidikan demokrasi kepada siswa siswinya melalui Pilkatos tersebut. “ ini merupakan kelanjutan setelah KPU mengadakan TOT bagi guru PKn se-Jepara, dan SMAN 1 Bangsri merupakan sekolah yang terus berkomunikasi hingga terselenggaranya pemilihan secara langsung ini,” ungkap Haidar.

Dia berharap apa yang dilakukan SMAN 1 Bangsri ini bias dijadikan contoh sekolah lain untuk melibatkan siswa siswinya dalam menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS secara langsung. “Dengan adanya pemilihan ketua OSIS yang di setting sebagaimana penyelenggaraan Pemilu dan tata kenegaraan kita, ke depan siswa siswinya diharapkan siap untuk mensukseskan pemilu dan benar benar bisa menentukan seorang pemimpin bangsa yang bisa diandalkan,” jelasnya.

Kepala sekolah SMAN 1 Bangsri, Drs. Hery Purwanto di damping Pembina OSIS Ruyanto mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Jepara hingga terselenggaranya pemilihan ketua OSIS tersebut. Mulai dari persiapan, penyusunan tahapan, debat calon, hingga pemungutan suara hingga penghitungan, SMAN 1 Bangsri selalu berkoordinasi dengan KPU Jepara. “Dari 835 total suara, hanya 38 suara yang tidak sah, yaitu ada yang mencoblos dua kali ataupun mencoblos dengan alat coblos lain dari yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara,’ jelas Ruyanto.

Menurutnya, dari lima calon ketua OSIS, nomor urut 5, Faqqih Ridlo M (kelas XI IPA 3) dinyatakan sebagai ketua OSIS dengan suara terbanyak 433 suara, sedangkan empat calon lainnya yakni, Elvika Nur F (nomor urut 4) mendapat 119 suara, Made Bagus Megawan (nomor urut 1) mendapat 93 suara, M. Fahrurrozak (nomor urut 3) mendapat 80 suara dan Nilam Arba W (nomor urut 2) meraih 58 suara.

Ayda Rachmantika siswi kelas XII Bahasa, menyatakan senang dengan pemilihan langsung ini. Suasana sekolah menjadi lebih meriah dan bisa memberikan pendidikan demokrasi secara nyata. ”Pilkatos ini keren baget, juga bisa buat pembelajaran waktu Pemilu Presiden, Gubernur, maupun Bupati,” ungkapnya. (WB/HF)

link penjelasan:

http://www.kpujepara.or.id/2012/09/memilih-itu-asyik-pilkatos-sman-i.html

http://www.kpujepara.or.id/2012/09/pendidikan-pemilih-melalui-pemilihan.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: