Tak ada jarak yang mampu memisahkan kuatnya cinta

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

 

GENERASI KOMPUTER

Dari Pertama Sampai Keempat

 

Nama         : Mega Udianto

NIM            : 3125111211

Kelas          : C

 


BAB. 1

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidahnya saya diberikan kesehatan untuk dapat menyelesaikan tugas Paper ini.Salawat beserta salam senantisan tercurah kepada Nabi Muhammad saw beserta para keluarga dan sohabatnya.

Paper ini diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam pada program Teknik Informatika semester ganjil, Universitas Teknologi Yogyakarta, dimana judul makalah adalah “Generasi Komputer dari pertama sampai keempat”.

Akhirnya paper ini dapat terselesaikan pada waktu yang diharapkan, dan saya berharap mudah-mudahan paper ini dapat bermanfaat. Amin…

Wabillihi taufik walhidayah, wassalammu’alaikum Wr.Wb.

 

 

 

 

 

Mega Udianto

3125111211

 

 

 

 

Daftar Isi

 

BAB 1……………………………………………………………………………………………… ii

Kata Pengantar………………………………………………………………………………….. ii

Dafar Isi…………………………………………………………………………………………… iii

 

BAB 2 Pembahasan…………………………………………………………………………… 1

Komputer Generas Pertama………………………………………………………………… 1

Komputer Generas Kedua…………………………………………………………………… 2

Komputer Generas Ketiga…………………………………………………………………… 3

Komputer Generas Keempat……………………………………………………………….. 4

 

BAB 3 Kesimpulan……………………………………………………………………………. 6

Kesimpulan Perkembangan Generasi Komputer…………………………………….. 6

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………… 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. A.    Komputer Generasi Pertama (1946­ – 1959)

Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimiliki oleh komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaan pengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik komputer. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali.

Di tempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemampuan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu ; yang pertama, colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya “general purpose computer”, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan kode rahasia. Yang kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang selesai.

Ciri komputer generasi pertama adalah:

  1. Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
  2.  Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
  3. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
  4.  Setiap komputer memiliki program kode­biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

 

  1. B.     Komputer Generasi Kedua (1959­ – 1964)

Pada awal tahun 1960-an, mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk memproses informasi keuangan perusahaan. sebagai salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. kemudian muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti programmer, analyst, teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.

Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut ini:

  1. Sirkutinya berupa transistor.
  2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  3. Kapasitas memori utama sudah cukup besar
  4. Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  5. Proses operasi sudah cepat
  6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
  7. Berorientasi pada bisnis dan teknik 

 

  1. Komputer Generasi Ketiga (1964­ – 1970)

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :

  1. Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip.
  2. Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  3. Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
  4. Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
  5. Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
  6. Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
  7. Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan

Sifat-sifatnya:

  1. Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
  2. Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
  3. Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
  4. Prosesnya sangat cepat
  5. Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
  6. Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration

Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR

Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.

            Inilah komputer generasi ketiga yang diperkenalkan antara tahun 1963 sampai dengan tahun 1971. Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim. 

 

  1. Komputer Generasi Keempat (1979­ – sekarang)

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang­orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer­komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara­ cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer­komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:

  1. Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
  2. Digunakannya mikroprosesor

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

 

Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

Komputer-komputer di generasi pertama memiliki karakter fisik mesin berukuran besar sehingga sulit untuk dipindah-pindahkan dan hanya dikususkan untuk tugas-tugas tertentu. Sehingga setiap komputer memiliki kode pemrogaman yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat komputer generasi pertama sulit untuk diprogram dan memiliki kecepatan yang lambat.

Penemuan transitor pada 1948 telah mempengaruhi perkembangan komputer, akibatnya ukuran-ukuran dari berbagai mesin elektronik berkurang drastis. Namun transitor mulai digunakan oleh komputer pada tahun 1956. Dari berbagai penemuan yang muncul akhirnya IBM berhasil membuat komputer Strech, Sprey-Rand, LARD. Hal inilah yang memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.

 

Efek dari penemuan-penemuan  komponen baru, telah mempengaruhi bentuk fisik dan ukuran komputer itu sendiri. Di generasi ketiga ini bentuk komputer lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, karena komponen-komponen telah dipadatkan kedalam bentuk sebuah chip. Selain itu di generasi ini komputer telah menggunakan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk   menjalankan berbagai program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memory computer.

 

Di generasi keempat, para pengembang memiliki tujuan yang lebih jelas yakni mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektriknya. Akhirnya usahanya membuahkan hasil, pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) telah dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Kemudian pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC). Perkembangan ini telah memungkinkan komputer untuk digunakan oleh personal pribadi dan komputer tak lagi didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintahan saja. Dan saat itulah muncul berbagai penggunaan CPU: IBM PC/486, Pentium II, Pentium III dan Pentium IV (serial dari CPU buatan intel). Juga pula dikenal AMD k6, Athlon dsb

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Stallings,William. Computer Organization and Architecture “designing for performance”. New Jerseys : Prentice Hall. Sixth edition.

Tanenbaum, Andrew S. Structured Computer and Organization 4th edition PDF.

http:/awank.blogsome.come/Sejarah perkembangan computer ma

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

http://aplikomfeunlam.files.wordpress.com/2007/11/penggolongan-komputer.pdf

http://www.unhas.ac.id/rhiza/arsip/Arsitektur%20Komputer/arsitektur%20komputer/modul_6_-_sejarah_pc.pdf

http://wajibonline.blogspot.com/2012/06/sejarah-singkat-perkembangan-komputer.html#ixzz28yA9GDuN

http://final-mix.blogspot.com/2009/09/ciri-ciri-dari-berbagai-generasi.html

http://faridnyzer.blogspot.com/2011/07/perkembangan-komputer-generasi-ke.html

http://bimocb914.blogspot.com/2009/07/komputer-generasi-iii-1964-1970.html

http://abdublog92.wordpress.com/2011/09/15/komputer-generasi-kedua/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: